✍🏽RINGKASAN MATERI
Hei teman-teman! Pernah kepikiran nggak🤔kenapa sih dalam Islam ada aturan-aturan kayak larangan minum keras, mencuri, atau pentingnya ibadah? Nah, Bab 9 ini bakal ngajak kita kenalan sama konsep keren bernama al-Kulliyatu al-Khamsah. Ini tuh kayak lima pilar super penting🤩 yang jadi tujuan utama hukum Islam (maqāşid al-syari'ah), biar hidup kita di dunia dan akhirat jadi lebih baik, terarah, dan pastinya bawa kebaikan (maslahat)😍. Yuk, kita kupas bareng!
YANG AKAN KALIAN PELAJARI
Apa itu al-Kulliyatu al-Khamsah? Intinya, ini adalah lima prinsip dasar hukum Islam yang wajib dijaga demi kemaslahatan kita semua. Kenalan sama 5 'Jagoan' 😍Penjaga Kehidupan:
Menjaga Agama (Hifzu al-dīn): Kenapa ibadah (kayak shalat) dan akidah itu nomor satu, karena ini tujuan utama kita hidup.
Menjaga Jiwa (Hifzu al-nafs): Pentingnya menghargai nyawa, nggak boleh bunuh atau menyakiti, termasuk menjaga kebutuhan dasar hidup.
Menjaga Akal (Hifzu al-'aql): Gimana caranya pakai akal sehat buat belajar dan berpikir benar, serta jauhi yang merusak pikiran (kayak miras atau info sesat).
Menjaga Keturunan (Hifzu al-nasl): Lewat pernikahan yang sah dan hindari zina, biar generasi penerus kita baik dan jelas asal-usulnya.
Menjaga Harta (Hifzu al-māl): Cari rezeki yang halal, pakai harta di jalan yang benar, dan hindari cara haram kayak mencuri, korupsi, atau riba.
Urutan Pentingnya: Ternyata ada prioritasnya lho, menjaga agama itu yang paling utama, baru jiwa, akal, keturunan, dan harta.
Cara Menjaganya: Ada dua cara, yaitu dengan memelihara (kayak shalat buat jaga agama, makan buat jaga jiwa) dan dengan mencegah hal buruk (kayak hukuman buat yang murtad atau minum khamr).
YANG HARUS KALIAN INGAT
Kenapa sih kita perlu banget paham dan ngelakuin ini semua? Simple aja:
Biar hidup kita lebih berkah, aman, dan terarah, sesuai tujuan Allah menciptakan kita (yaitu untuk beribadah).
Supaya kita bisa meraih kebaikan (maslahat) dan terhindar dari keburukan atau kerusakan (mafsadat/mudarat) dalam hidup.
Agar kita jadi muslim yang nggak cuma tahu aturan, tapi juga paham makna dan tujuan di baliknya, sehingga bisa jadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat buat sesama
💡STRATEGI BELAJAR
MENJAWAB PERTANYAAN PEMANTIK
Mari kita mulai dari diri sendiri dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.
Kalau kamu punya satu 'barang' super berharga yang nggak boleh hilang atau rusak, apa itu?
Gimana caramu menjaga barang itu? (Bisa benda, bisa juga hal abstrak seperti kepercayaan, kesehatan, dll)
Bagaimana sih perlakuan yang kamu berikan kepada 'barang' itu? Jelasin dong.
Jika ada teman atau saudaramu ingin meminjam 'barang' itu, apa yang akan kamu lakukan? Cerita dong.
MENGAPA INI HARUS DILAKUKAN?
Biar langsung klik! Kita semua punya sesuatu yang berharga. Nah, Islam juga punya 'daftar' hal super penting yang wajib dijaga demi kebaikan kita semua. Dari sini kita mulai petualangannya🥳.
AYO BERKOLABORASI
Kini kalian sampai pada bagian ke 2️⃣dalam strategi belajar ini, yakni Observasi🔎. Pada bagian ini kalian akan dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil, tujuannya adalah membangun kesiapan dalam bekerjasama dengan orang lain💪. Yuk, kita mulai membentuk kelompok dengan didampingi guru pengajar🧑🏫. Silakan duduk bersama dengan kelompok kalian masing-masing.
APA YANG HARUS DILAKUKAN DI DALAM KELOMPOK?
Setelah kalian bersama dengan kelompok masing-masing, lakukan beberapa langkah berikut secara berurutan ya ...
Tunjuklah satu orang di dalam kelompok untuk menjadi koordinator kelompok☝️
Tunjuk pula teman kalian lainnya untuk berperan sebagai: 1️⃣sekretaris, 2️⃣presenter dan 3️⃣dokumentasi serta peran lain yang kalian anggap penting
Pastikan semua anggota di dalam kelompok memiliki peran masing-masing, tidak ada yang nganggur ya😆
MISI OBSERVASI: JELAJAH MINI SEKOLAH
Bersama dengan anggota kelompok masing-masing, kalian akan melakukan observasi di lingkungan sekolah. Beberapa tempat berikut akan menjadi tujuan observasi, yakni: Kantin Sekolah, Koperasi Sekolah, Perpustakaan, Masjid Sekolah, Lapangan dan Area Sekitar.
Apa yang diobservasi?
Kantin: Aturan antri, kebersihan makanan/tempat, kejujuran saat bayar (kalau ada kantin kejujuran), jenis jajanan (sehat/tidak).
Perpustakaan: Aturan pinjam/kembalikan buku, ketenangan suasana, kondisi buku, cara menjaga fasilitas
Masjid: Kebersihan tempat wudhu/shalat, adab saat berada di masjid, ketertiban sandal/sepatu, mungkin ada kotak amal?
Lapangan dan Area sekitar kelas: fasilitas, kebersihan, kondisi lapangan, jenis lapangan apa saja?
Koperasi Sekolah: kebersihan tempat, budaya antri, aturan membeli dan membayar barang.
Bagaimana ketentuannya?
Lakukan pengamatan (observasi) berkaitan dengan indikator yang telah disebutkan di atas
Dokumentasikan📸 apa yang kalian lihat dan amati di lokasi sebagai bukti fisik observasi
Catatlah dampak apa yang ditimbulkan jika ada yang menurut kalian tidak sesuai, atau berikan masukan bagaimana seharusnya lokasi observasi tersebut menurut kelompok kalian
Unggah 3️⃣ foto hasil observasi kelompok di grup FB Ruang Belajar PAI. Satu foto berisi laporan hasil catatan observasi, satu foto menampilkan ruang atau tempat observasi dan satu foto lagi menampilkan seluruh anggota kelompok kalian, foto yang ketiga ini boleh selfie, ya😅pastikan dengan gaya paling keren😁Sertakan identitas kelompok, dan beri caption (quotes) menarik pada foto.
MENGAPA INI HARUS DILAKUKAN?
Teori itu penting, yes🙂↔️ tapi lihat langsung di lapangan itu beda! Kalian jadi detektif cilik yang mencari jejak-jejak 'penjagaan' di tempat yang kalian lewati tiap hari. Ini bikin belajar jadi lebih nyata dan nggak ngebosenin 😍
YUK, BACA DAN AMATI
Selamat, ya, kalian telah sampai di bagian tiga strategi belajar bab 9️⃣, yakni Dalami Materi. Pada bagian ini kalian akan memahami materi melalui teks, video, dan ilustrasi lainnya tentang Al Kullyah Al Khamsah. Siap mendalami materi bab 9️⃣? KLIK DI SINI
BAGIAN 1: KENALAN DAN GALI INFO AWAL
Setelah kalian melakukan observasi di beberapa lokasi yang telah kita sepakati bersama, kini saatnya untuk sharing and caring, membagikan apa yang telah kalian temukan di lokasi observasi dan mengaitkannya dengan materi yang telah kalian pelajari di kelas.
Silakan sharing (sampaikan) dengan singkat bagaimana hasil observasi yang telah dilakukan
Ceritakan apa saja yang kalian lihat, amati dan temui di lokasi observasi
Kaitkan temuan tersebut dengan lima konsep pokok Al Kulliyatu Al Khamsah yang telah dipelajari
Lakukan secara bergantian. Beri umpan balik (komentar atau pertanyaan) kepada kelompok lain
BAGIAN 2: BERBAGI HASIL RISET
Saatnya caring, peduli terhadap sesama dengan saling koreksi dan memberikan umpan balik. Pada sesi ini kalian akan membuat produk berupa paparan singkat hasil observasi yang telah dilakukan.
Buatlah gallery walk hasil observasi berupa kumpulan foto yang telah dilakukan di pertemuan sebelumnya
Sajikan dalam bentuk galeri infografis yang menarik, tempel di kertas manila atau sejenisnya, berikan keterangan atau caption pada setiap foto
Pajanglah di tempat yang telah disepakati
Lakukan kunjungan kelompok secara bergantian dan berikan umpan balik (catatan, masukan, saran, pertanyaan)
Catatan: Aktivitas 1-4 di atas dapat pula dilakukan secara virtual atau daring. Perhatikan langkah berikut:
Gallery walk hasil obserservasi berupa kumpulan foto menarik yang disertai caption dibuat di aplikasi Canva atau aplikasi sejenis yang telah kalian kuasai. Dapat pula disajikan dalam bentuk infografis menarik
Unggah hasilnya di kolom komentar postingan kelompok di grup FB Ruang Belajar PAI
Berikan umpan balik (catatan, masukan, saran, pertanyaan) kepada kelompok lain melalui kolom komentar di grup FB Ruang Belajar PAI. Pastikan kalian memberikan umpan balik kepada setiap kelompok selain kelompok kalian sendiri.
MENGAPA INI HARUS DILAKUKAN?
Pertemuan Pertama (bagian 1)
Setelah 'jalan-jalan' observasi, sekarang saatnya kita kasih nama dan konsep pada apa yang kita lihat dan rasakan. Kalian aktif mencari tahu sendiri (dengan panduan), ini bikin ilmu lebih nempel daripada cuma dengerin. Kerja bareng teman juga bikin lebih ringan dan seru!
Pertemuan Kedua (bagian 2)
Ini saatnya "pamer" hasil kerja keras kalian! Dengan berbagi, kalian nggak cuma paham prinsip yang kalian dalami, tapi juga belajar dari teman tentang prinsip lainnya. Pengetahuan jadi lengkap!
BEDAH KASUS KEKINIAN
Di lingkungan kita tempat tinggal, bahkan lingkungan sekolah tempat kita belajar, ada banyak sekali kasus atau peristiwa yang berhubungan dengan Al Kulliyah Al Khamsah. Mulai dari kasus yang sederhana sampai kompleks😱.
Pada bagian kali ini, kita akan melakukan bedah kasus kekinian☺️ yang berkaitan erat dengan materi yang sudah dipelajari.
Kelompok 1️⃣silakan tonton video berikut (klik disini)
Kelompok 2️⃣silakan tonton video berikut (klik disini)
Kelompok 3️⃣silakan tonton video berikut (klik disini)
Kelompok 4️⃣silakan tonton video berikut (klik disini)
Kelompok 5️⃣silakan tonton video berikut (klik disini)
Bersama dengan kelompok masing-masing, silakan baca artikel dan atau tonton video tersebut di atas, kemudian lakukan diskusi analisis kasus dengan kacamata Al Kulliyah Al Khamsah. Pertanyaan berikut bisa menjadi rambu-rambu dalam diskusi:
Kasus apa yang terjadi di kelompok kalian? Ceritakan dong😅
Prinsip apa saja dalam Al Kulliyah Al Khamsah yang relevan atau dilanggar❌ dalam kasus tersebut?
Bagaimana sikap kita seharusnya sebagai seorang muslim🕌 menyikapi kasus tersebut?
Tawarkan solusi sederhana dong terkait kasus tersebut🤩
Tuliskan hasil analisis dan diskusi kelompok kalian di FB Ruang Belajar PAI, pada kolom komentar postingan hasil observasi yang telah dilakukan.
MENGAPA INI HARUS DILAKUKAN?
Biar ilmu PAI nggak terasa kuno! Kita pakai Al Kulliyatu Al Khamsah buat 'membaca' dan menyikapi isu-isu zaman now. Ini mengasah nalar kritis dan kemampuan problem solving kalian
KILAT IDE KREATIF
Kita telah sampai di bagian ke 5️⃣yakni ruang aktualisasi. Pada bagian ini kalian akan bekerja secara berpasangan👬👭. Silakan tentukan pasangan masing-masing ya...
Kalian diminta memikirkan satu ide sederhana dan konkret🤩untuk menerapkan dan atau mempromosikan salah satu prinsip Al Kulliyah Al Khamsah di lingkungan sekolah (kantin, masjid, perpustakaan, lingkungan sekitar sekolah, koperasi)
Berikut beberapa contoh ide sederhana yang dapat menjadi panduan:
Bikin poster mini 'Jaga Lisan di Medsos' (Hifzhu Aql/Nafs)
Usul Kotak 'Lost & Found' di dekat Masjid (Hifzhu Mal)
Kampanye 5 menit 'Baca Label Makanan Sehat' di Kantin (Hifzhu Nafs/Mal)
Bikin reminder 'Kembalikan Buku Tepat Waktu' di Perpus (Hifzhu Mal/Aql)
Tuliskan ide kalian di kolom komentar postingan kelompok saat observasi. Ingat ini bukan perkara kalian mendapatkan nilai💯bukan pula tugas proyek yang harus diwujudkan, tapi latihan 🏋️menuangkan ide dan gagasan. Jika gagasan kamu dapat terwujud maka itu adalah bonus yang kamu dapatkan😍
MENGAPA INI HARUS DILAKUKAN
Ini pemanasan buat jadi problem solver! Meski sederhana, ini melatih kalian berpikir 'gimana caranya ilmu ini bisa jadi aksi nyata?'. Kreativitas nggak harus selalu wah🥳, yang penting mulai dari hal kecil di sekitar kita.
APA YANG DIDAPAT?
Pada tahap ini, kalian akan melakukan refleksi pembelajaran terhadap materi yang telah dipelajari. Sebagai panduan dan rambu-rambu kalian dapat menjawab pertanyaan berikut:
Apa satu hal paling menarik/bermanfaat yang kamu pelajari dari Bab Al Kulliyatu Al Khamsah ini?
Gimana caranya kamu mau coba menerapkan salah satu prinsip ini dalam seminggu ke depan (mulai dari hal kecil)?
Ada dua hal yang dapat kalian lakukan untuk menjawab pertanyaan di atas sebagai bentuk refleksi. Pertama, kalian dapat menuliskan jawaban dari 2 pertanyaan refleksi di atas melalui kolom komentar hasil observasi pada grup FB Ruang Belajar PAI, atau kalian menjawab pertanyaan tersebut dengan menuliskannya di buku tulis lalu membacakannya secara bergantian di depan kelas.
Alternatif lainnya adalah guru pengajar kalian akan membuat link padlet untuk menjawab pertanyaan refleksi di atas, kalian bisa memasukkan jawaban melalui link tersebut secara individu ya.
MENGAPA INI PENTING UNTUK DILAKUKAN
Setelah lari maraton belajar, kita perlu cooling down. Mengingat lagi apa yang didapat, menghargai ide teman, dan bikin niat baik buat diri sendiri itu penting biar semangatnya terjaga.
Pada akhirnya kalian sampai pada sesi akhir langkah pembelajaran pada materi bab 9 ini😍Kalian akan menjawab pertanyaan untuk menguji pemahaman dan pengetahuan masing-masing. Oya, tes kompetensi ini sifatnya wajib diikuiti oleh peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh aktiitas belajar dengan langkah pembelajaran alur MODERAT (kecuali alur T yang saat ini sedang diakses). Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan adalah:
Pastikan kalian telah menyelesaikan✅seluruh aktivitas belajar dan penugasan materi bab 9 pada alur M-O-D-E-R-A (alur 1️⃣sampai6️⃣)
Tes ini juga berfungsi sebagai penilaian harian atau ulangan harian✅
Silakan minta token pada guru pengajar🧑🏫untuk mengakses soal tes kompetensi
Tidak membagikan token❌kepada orang lain yang tidak berhak karena penilaian didasarkan pada ketuntasan penugasan pada alur belajar✅
Siap mengikuti tes kompetensi? Silakan akses soal kalian DI SINI
MENGAPA INI PENTING UNTUK DILAKUKAN?🤔
Ini cara kita mengukur😄sejauh mana kamu sudah paham materi inti Al Kulliyatu Al Khamsah dan bisa mengaitkannya dengan contoh nyata✅. Hasilnya bisa jadi feedback buat kamu dan juga buat guru. Tenang, kerjakan dengan jujur dan santai!☺️
"Setiap kali kamu memilih belajar saat yang lain terlelap atau bermain, kamu sedang menenun benang emas pada jubah takdirmu. Semakin kuat tenunannya, semakin gemilang masa depan yang kamu kenakan."