✍🏽RINGKASAN MATERI
Alhamdulillah😍 kita telah sampai di Bab 8. Pada bab ini kalian akan mempelajari materi dengan elemen akhlak yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Tema besar materi kali ini adalah "Menghindari Gadab dan Gibah agar Hidup Nyaman dan Berkah". Berikut ringkasan pokok materi yang akan kalian pelajari di bab 8 ini.
YANG AKAN KALIAN PELAJARI
😡Gadab (Marah): Emosi negatif yang bisa merusak hubungan.
🤫Gibah (Gosip): Ngomongin keburukan orang lain di belakang.
🤔Cara Mengendalikan Gadab: Banyak zikir, sabar, dan cari solusi.
😥Dampak Gibah: Menghancurkan persahabatan dan menambah dosa.
YANG HARUS KALIAN INGAT
Marah itu wajar, tapi jangan sampai merusak hubungan. Orang yang sabar dan bisa mengendalikan emosinya lebih disayang Allah. Kalau lagi marah, coba tarik napas, zikir, atau ambil wudhu. Jangan juga suka gibah ya, karena gosip cuma bikin dosa bertambah dan hati nggak tenang. Yuk, jadikan lisan kita penuh dengan kata-kata baik yang bikin orang lain bahagia. Ingat, kata-kata baik itu sedekah!
💡STRATEGI BELAJAR
MENJAWAB PERTANYAAN PEMANTIK
Mari kita mulai dari diri sendiri 🥳dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.
Pernahkah kalian merasa marah? Bagaimana rasanya? Apa yang membuat kalian marah saat itu?
Pernahkah kalian menggosip di sekolah? Apa yang paling sering kalian gosipkan saat itu?
Menurut kalian bagaimana cara menghindari marah dan gosip? Coba berikan tips dan trik yang mungkin saja mudah untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari
MENULIS JURNAL REFLEKSI
Setelah kalian refleksi dan flashback ke masa lalu di mana kalian pernah merasa marah, pernah menggosip dan sejenisnya🤭, coba tuliskan jurnal refleksi di buku tugas masing-masing dengan ketentuan sebagai berikut.
Tulislah jurnal refleksi tentang perasaan kalian setelah marah atau menggosip😀
Tuliskan pula dalam jurnal, bagaimana dampaknya bagi diri sendiri, lingkungan dan orang lain setelah kalian marah dan menggosip
Tulisan terdiri dari minimal 100 dan maksimal 150 kata
Tuangkan tulisan di buku tugas masing-masing. Untuk menghitung kata, kalian dapat mengetikkan jurnal di HP masing-maisng dan meminta bantuan teknologi untuk menghitung kata, kemudian tuangkan ke dalam buku tugas jika sudah dirasa sesuai
MENGAPA INI HARUS DILAKUKAN?
Dengan menjawab pertanyaan pemantik dan menuliskan jurnal refleksi, akan menumbuhkan kesadaran kalian tentang dampak negatif yang ditimbulkan dari sifat gadab dan gibah, sehingga akan semakin menjauhkan kalian dari kedua sifat tercela tersebut.
AYO BERKOLABORASI
Kini kalian sampai pada bagian ke dua dalam strategi belajar ini🥳, yakni Observasi. Pada bagian ini kalian akan dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil, tujuannya adalah membangun kesiapan dalam bekerjasama dengan orang lain. Yuk, kita mulai membentuk kelompok dengan didampingi guru pengajar. Silakan duduk bersama dengan kelompok kalian masing-masing.
APA YANG HARUS DILAKUKAN DI DALAM KELOMPOK?
Setelah kalian bersama dengan kelompok masing-masing, lakukan beberapa langkah berikut secara berurutan ya ...
Tunjuklah satu orang di dalam kelompok untuk menjadi koordinator kelompok
Tunjuk pula teman kalian lainnya untuk berperan sebagai: sekretaris, presenter dan dokumentasi
LAKUKAN OBSERVASI BERIKUT
Bersama dengan anggota kelompok masing-masing, kalian akan melakukan observasi di lingkungan sekolah, lingkungan sekitar rumah atau tempat lainnya yang disepakati di dalam kelompok. Perhatikan ketentuan berikut:
Tentukan satu tempat untuk dilakukan observasi mengenai perilaku gadab dan gibah (misal sekolah, lingkungan rumah, pasar, atau lainnya). Sepakati tempat tersebut bersama dengan kelompok masing-masing.
Lakukan pengamatan (observasi) berkaitan dengan perilaku gadab dan gibah di tempat tersebut
Dokumentasikan aktivitas manusia yang terindikasi menunjukkan perilaku gadab atau gibah
Catatlah dampak apa yang ditimbulkan dari perilaku gadab dan gibah yang telah kalian amati
Buatlah poster aestetik dengan latar belakang foto dokumentasi yang telah kalian ambil. Pada foto terdapat watermark lokasi tempat di mana foto diambil
Unggah foto tersebut di grup FB Ruang Belajar PAI. Sertakan caption yang menjelaskan tentang dampak gadab dan gibah sebagaimana terlihat di foto. Jangan lupa menuliskan identitas kelompok
MENGAPA INI HARUS DILAKUKAN?
Dengan berkelompok dan melakukan pengamatan seperti ini, akan melatih keterampilan kalian dalam melakukan observasi dan memahami fenomena sosial yang ada di sekitar kita, sehingga bisa lebih waspada dan berhati-hati dalam bertindak dan mengambil keputusan.
YUK, BACA DAN AMATI
Selamat, ya, kalian telah sampai di bagian tiga strategi belajar bab 8, yakni Dalami Materi. Pada bagian ini kalian akan membaca dan memahami materi melalui teks, video, dan ilustrasi lainnya tentang gadab dan gibah. Siap mendalami materi bab 8? KLIK DI SINI
MEMBUAT PRODUK BERKELOMPOK
Setelah kalian membaca teks dan mengamati gambar serta video tentang gadab dan gibah, susun dan buatlah peta pikir (mind map) atau infografis dengan rasio 4:3 yang merangkum materi tersebut. Kalian diberi kebebasan untuk berekspresi dalam membuat peta pikir atau infografis, gunakan kreativitas dan imajiasi kalian, pastikan peta pikir yang dibuat telah mencakup materi yang sedang kalian pelajari. Peta pikir atau infografis dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi seperti Canva dan sejenisnya.
Unggah hasil kerja kalian dalam bentuk gambar ke grup FB Ruang Belajar PAI, jangan lupa sertakan identitas ya.
MENGAPA INI HARUS DILAKUKAN?
Dengan membaca materi, mengamati video dan gambar kemudian menuangkannya dalam bentuk peta pikir, akan melatih dan mempertajam pemahaman kalian tentang konsep gadab dan gibah lebih mendalam lagi.
POSTER DIGITAL CANVA
Kalian telah mempelajari materi tentang gadab dan gibah, kini saatnya untuk menuangkan apa yang telah dipelajari ke dalam bentuk poster digital yang berisi ajakan untuk senantiasa menghindari perilaku gadab dan gibah. Harapannya melalui poster tersebut akan semakin banyak orang yang paham dan sadar akan dampak buruk gadab dan gibah, sehingga perilaku tercela tersebut lenyap dari muka bumi yang kita cintai ini. Lalu bagaimana ketentuan membuat poster digital tersebut?
Poster dibuat secara online di canva dengan rasio 4:3 atau ukuran media sosial. Atau dapat juga dibuat di PowerPoint presentasi, kemudian bagikan linknya kepada rekan dalam satu kelompok
Pastikan rekan dalam satu kelompok dapat mengedit poster tersebut sehingga poster bisa dikerjakan bersama-sama dengan teman dalam satu kelompok
Sepakati tema poster ya, tentu yang berkaitan erat dengan materi yang sedang dipelajari yakni menghindari gadab dan gibah
Poster berisi ajakan kebaikan, mengandung nilai-nilai kehidupan terutama yang berakaitan dengan materi gadab dan gibah
Unggah poster yang telah dibuat ke grup FB Ruang Belajar PAI, sertakan caption menarik, jangan lupa menuliskan nama kelompok beserta nomor absen dan asal sekolah ya, tandai guru pengajar kalian agar karya dapat dinilai.
MENGAPA INI HARUS DILAKUKAN?
Selain menanamkan sikap kolaboratif dengan teman dalam satu kelompok, aktivitas ini juga mengembangkan kreativitas dan keterampilan berkomunikasi kalian, terutama melalui media daring seperti Canva. Jika komunikasi dan kreativitas terbentuk dan berkembang, maka luaran yang dihasilkan akan menjadi luar biasa, sehingga dampak baik akan terasa dan semakin meluas.
AYO BERKAYA DAN MENGINSPIRASI
Alhamdulillah, ragam tantangan telah kalian selesaikan sampai pada tahap ini, mulai dari menjawab pertanyaan pemantik, melakukan observasi, membaca materi dan menyimak video, membuat poster digital dengan berkelompok serta menghasilkan peta pikir (mind map) sebagai rangkuman materi.
Kini saatnya kalian berkarya dan menginspirasi orang lain melalui Ruang Aktualisasi ini. Kalian akan membuat proyek berkelompok berupa video edukasi singkat (2-3 menit) tentang cara mengelola emosi dan mencegah gibah di lingkungan sekolah. Perhatikan beberapa ketentuan berikut terkait dengan proyek ini:
Buatlah video edukasi tentang cara mengelola emosi dan mencegah gibah di lingkungan sekolah
Durasi video minimal 2 menit dan maksimal 3 menit
Video dibuat dengan menekankan beberapa aspek berikut: pesan edukatif, kemenarikan dan kreativitas
Carilah referensi di internet agar karya kalian lebih menarik
Unggah video du grup FB Ruang Belajar PAI, jangan lupa menuliskan identitas kelompok
Tag (tandai) akun guru pengajar agar karya kalian dapat dinilai
MENGAPA INI HARUS DILAKUKAN
Sebagai bagian dari aktualisasi diri dan uji pemahaman kalian tentang materi yang telah dipelajari, proyek ini juga bertujuan menumbuhkan sikap kreatif, kolaboratif, inovatif. Tak kalah penting lagi adalah melalui proyek ini diharapkan kalian mampu menghubungkan materi dengan aksi nyata yang ada di sekolah.
APA YANG DIDAPAT?
Pada tahap ini, kalian akan melakukan refleksi pembelajaran terhadap materi yang telah dipelajari. Sebagai panduan dan rambu-rambu kalian dapat menjawab pertanyaan berikut:
Hal baru apa saja yang kalian alami selama mempelajari materi ini?
Bagaimana perasaan kalian selama mengikuti sesi belajar materi ini?
Apa saja pelajaran penting yang kalian dapatkan setelah mempelajari materi ini?
Apa rencana kalian di masa depan setelah mempelajari materi ini?
Ada dua hal yang dapat kalian lakukan untuk menjawab pertanyaan di atas sebagai bentuk refleksi. Pertama, kalian dapat menuliskan jawaban dari 4 pertanyaan refleksi di atas melalui beranda grup FB Ruang Belajar PAI, atau kalian menjawab pertanyaan tersebut dengan menuliskannya di buku tulis lalu membacakannya secara bergantian di depan kelas.
Alternatif lainnya adalah guru pengajar kalian akan membuat link padlet untuk menjawab pertanyaan refleksi di atas, kalian bisa memasukkan jawaban melalui link tersebut secara individu ya.
MENGAPA INI PENTING UNTUK DILAKUKAN
Melalui aktivitas refleksi dan afirmasi positif, akan menumbuhkan semangat belajar baru, mengingat pengetahuan baru yang dipelajari dan mempraktikkannya di dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Dengan beraktivitas, daya ingat akan materi yang telah dipelajari menjadi lebih kuat.
Pada akhirnya kalian sampai pada sesi akhir langkah pembelajaran pada materi bab 8 ini. Kalian akan menjawab pertanyaan untuk menguji pemahaman dan pengetahuan masing-masing. Oya, tes kompetensi ini sifatnya wajib diikuiti oleh peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh aktiitas belajar dengan langkah pembelajaran alur MODERAT (kecuali alur T yang saat ini sedang diakses). Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan adalah:
Tes ini juga berfungsi sebagai penilaian harian atau ulangan harian
Silakan minta token pada guru pengajar untuk mengakses soal tes kompetensi. Pastikan kalian telah menyelesaikan seluruh aktivitas belajar dan penugasan materi bab 8 pada alur M-O-D-E-R-A
Tidak membagikan token kepada orang lain yang tidak berhak karena penilaian didasarkan pada ketuntasan penugasan pada alur belajar
Siap mengikuti tes kompetensi? Silakan akses soal kalian DI SINI
MENGAPA INI PENTING UNTUK DILAKUKAN?
Selain menguji pemahaman, tes kompetensi ini penting untuk mengetahui sejauh mana keterampilan kalian dalam menulis, menjabarkan dan memaknai materi dan ragam penugasan yang telah dilakukan dalam alur belajar
"Di era informasi ini, ilmu ada di mana-mana. Namun, hanya semangat belajar yang membara yang mampu mengubah informasi menjadi pemahaman, pemahaman menjadi kebijaksanaan, dan kebijaksanaan menjadi kekuatan sejati."