✍🏽RINGKASAN MATERI
Alhamdulillah kita telah sampai di Bab 6 atau bab pertama semester genap. Pada bab ini kalian akan mempelajari materi dengan elemen Al Qur'an, ini merupakan eleman pertama dalam pembelajaran PAI. Kal ini tema yang akan kalian pelajari adalah Moderasi Beragama. Tema ini secara spesifika akan membahas Qs. Al-Baqarah/2: 143 dan hadis terkait tentang moderasi dalam beragama.
Ini yang akan kalian pelajari
Qs. Al-Baqarah/2: 143 dan hadis terkait tentang moderasi beragama
Analisis tafsir dan asbabun nuzul Qs. Al-Baqarah/2: 143 dan hadis terkait tentang moderasi beragama
Konsep Moderasi Beragama
Kandungan Qs. Al-Baqarah/2: 143 dan hadis terkait tentang moderasi beragama
Penerapan Moderasi Beragama dalam kehidupan sehari-hari
yang harus kalian ingat
kita hidup di dunia ini tidak sendirian, butuh orang lain dan hidup dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial, tugas kita adalah berinteraksi dengan orang lain dengan baik. Islam mengajarkan kita untuk bersikap moderat, memandang segala sesuatu sesuai dengan porsi dan takaran masing-masing. Tugas kita menjadi manusia moderat yang mampu menempatkan diri sesuai porsi di mana kita berada.
💡STRATEGI BELAJAR
Yuk, jawab pertanyaan pemantik b
Mari kita mulai dari diri sendiri dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.
terhadap teman yang berbeda agama, sikapku ....
moderat dalam beragama menurutku adalah ...
pernahkah kalian merasa "paling benar" dalam hal beragama?
Tulis jawaban kalian di buku tugas masing-masing. Guru akan melakukan uji petik terhadap jawaban yang kalian tulis.
Kenapa sih ini Penting?
Moderasi itu dimulai dari hati. Dengan refleksi ini, kamu bisa tahu apakah selama ini kamu sudah bijak dalam menyikapi perbedaan, atau justru mudah terprovokasi. Ini cara jujur untuk melihat diri sendiri sebelum menilai orang lain 🧘♂️🪞
Kolaborasi Berpasangan
Pada strategi kali ini kalian akan belajar secara berpasangan. Silakan tentukan pasangan masing-masing, dan kemudian ikut beberapa langkah berikut:
Unduh lembar kerja bab 6 (LK3) dengan cara KLIK DI SINI
Cetak dengan kertas A4 (setiap peserta didik mencetak masing-masing)
Lengkapi isian yang terdapat pada tabel
Tunjukkan dan kumpulkan hasi kerja kalian kepada guru pengajar, kemudian secara berpasangan, bacalah Qs. Al-baqarah/2: 143 di depan guru pengajar masing-masing
Guru pengajar kalian akan melakukan uji petik terhadap hukum bacaan tajwid hasil kerja kalian bersama pasangan. Pastikan masing-masing peserta didik memahami, menguasai dan mengetahui hukum bacaan tajwid, alasan serta makna mufrodat pada ayat yang diobservasi.
Kenapa sih ini Penting?
Kadang kita nggak sadar bahwa sikap intoleran itu bisa muncul di sekitar kita—bahkan di media sosial. Observasi ini bikin kamu lebih peka dan bisa membedakan mana yang damai dan mana yang membahayakan. Bukan hanya itu, melalui ayat Al-Qur'an kita bisa belajar bahwa Allah secara detail mengatur bagaimana kehidupan kita di dunia termasuk sikap kita dalam beragama terhadap orang lain 🌐
Baca, Amati, Pahami
Yey, setelah kita mengobservasi hukum bacaan tajwid pada strategi sebelumnya, ini saatnya kita akan mendalami materi dengan lebih detail tentang apa dan bagaimana moderasi dalam beragama dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Tertarik? KLIK DI SINI
Silakan pelajari, pahami dan amati materi (narasi, teks, gambar infografis, video) yang ada pada link tersebut, jika diperlukan buatlah catatan kecil dari hasil belajar yang kalian lakukan. Guru pengajar akan melakukan uji petik secara individu terhadap hasil belajar yang telah kalian lakukan. So, pastikan kalian telah mempelajari materi dengan teliti dan rinci, ya. Selamat Belajar.
Kenapa sih ini Penting?
Moderasi bukan sekadar toleransi, tapi prinsip penting dalam ajaran Islam. Dengan memahami ayat dan hadisnya, kamu nggak gampang salah paham dan bisa berdiri di tengah: gak ekstrem kanan, gak juga ekstrem kiri 🔎⚖️
Hubungkan Duniamu
Konsep tentang moderasi dalam beragama telah kalian pelajari dengan detail dan rinci. Begitu pula ayat yang menganjurkan bagaimana sikap kita dalam beragama. Islam telah mengaturnya dalam Qs. Al-Baqarah/2: 143. Pada strategi kali ini kalian akan diajak menghubungkan konsep yang telah dipelajari dengan kehidupan nyata sehari-hari terutama kehidupan nyata di sekolah. Aktivitas kali ini kalian lakukan secara berkelompok. Dalam satu kelas dibagi menjadi 9 (sembilan) kelompok. Guru pengajar akan mengajak kalian bagaimana cara membagi kelompok.
Apa yang dilakukan di dalam kelompok?
Silakan unduh file berikut untuk masing-masing kelompok
Kelompok 1, KLIK DISINI
Kelompok 2, KLIK DISINI
Kelompok 3, KLIK DISINI
Kelompok 4, KLIK DISINI
Kelompok 5, KLIK DISINI
Kelompok 6, KLIK DISINI
Kelompok 7, KLIK DISINI
Kelompok 8, KLIK DISINI
Kelompok 9, KLIK DISINI
cetak file tersebut pada kertas A4, kemudian lengkapi isian yang ada di dalamnya (REFLEKSI, KONSEP KUNCI, DIARY MISI). Pastikan kalian mengerjakannya secara berkelompok (boleh dicetak hitam putih, tidak berwarna)
pastikan seluruh anggota kelompok paham konten dan materi kelompok
kumpulkan pada guru pengajar jika isian di dalam konten telah terisi seluruhnya
guru akan melakukan uji petik terhadap setiap kelompok untuk menguji pemahaman dan pengetahuan individu di dalam kelompok
kemudian buatlah bahan tayang (presentasi) menggunakan Canva, PPT atau sejenisnya, dengan mengacu pada konten yang terdapat pada bagian DIARY MISI
bahan tayang yang telah dibuat, silakan kumpulkan unggah dalam bentuk link ke grup FB Ruang Belajar PAI Kelas XII. beri judul: DIARY MISI MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH. Sertakan satu caption menarik berkaitan dengan materi, beri tagar: #moderasiberagama, #diarymisi, tuliskan seluruh nama anggota kelompok, kelas dan sekolah asal. Tag (tandai) akun guru pengajar
bahan tayang ini akan dipresentasikan pada strategi berikutnya (RUANG AKTUALISASI)
Kenapa sih ini Penting?
Elaborasi ini bikin kamu bisa menyuarakan pemikiran dengan cara yang menarik. Dengan membuat konten bertema moderasi, kamu sedang ikut merawat perdamaian—dan itu keren banget 👏📱
Pertemuan 2
Kampanye Moderasi Beragama: Mulai dari Dalam Kelas
Konseptual dan menghubungkannya dengan kehidupan nyata telah kalian lakukan pada strategi Elaborasi. Kali ini sebagai bagian dari tindak lanjut aktivitas tersebut, bersama dengan anggota kelompok masing-masing, kalian akan mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergantian. Guru pengajar akan menjadi fasilitator agar kegiatan ini berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Perhatikan beberapa hal berikut:
setiap kelompok memiliki waktu 3 menit untuk menyampaikan gagasan dan hasil kerja kelompok melalui presentasi. aktivitas presentasi akan dipandu oleh guru pengajar.
presentasi dilakukan secara bergantian dan berurutan. Begitu juga umpan baliknya. Misal: jika kelompok 1 yang melakukan presentasi, maka yang memberikan umpan balik adalah kelompok 2, begitu seterusnya berurutan sampai kelompok 9 (yang memberikan umpan balik adalah kelompok 1)
bahan tayang yang telah dibuat oleh setiap kelompok, ditampilkan di depan kelas dan dipandu oleh guru
pada akhir sesi, guru akan melakukan uji petik terhadap setiap kelompok untuk memastikan pemahaman kelompok terhadap materi yang sedang dipelajari.
Kenapa sih ini Penting?
Ini waktunya kamu nggak cuma tahu, tapi juga bertindak. Lewat kampanye moderasi, kamu bisa menyebarkan nilai Islam yang sejuk, bukan yang bikin ribut. Dunia butuh lebih banyak pelajar seperti kamu 🌍✌️
Rancang Kebaikan: Mulai dari Hal Sederhana
Afirmasi dan refleksi kali ini kita akan lakukan lebih mendalam lagi, bukan hanya sebatas pada perasaan dan pengalaman belajar, namun bagaimana pengetahuan yang telah dipelajari, dikembangkan, diluaskan dan bahkan dijadikan arena inspirasi bagi sesama di sekolah. Dalam rangka memulai itu semua, jawab beberapa pertanyaan berikut:
Bagaimana moderasi beragama dikembangkan dan membudaya di sekolahmu? Apa yang akan kamu lakukan untuk mewujudkan itu?
Tuliskan satu langkah nyata yang hampir pasti dapat kamu wujudkan dalam rangka membumikan moderasi beragama di sekolah, dan mengapa langkah itu kamu ambil?
Jika diberikan kesempatan untuk mengubah keadaan dan lingkungan yang ada di sekolahmu, apa yang paling ingin kamu ubah dan mengapa kamu memilih itu?
Tuliskan pertanyaan di atas dan jawabanmu, di buku tugas masing-masing. Aktivitas kali ini dikerjakan individu ya, jadi pastikan setiap dari kalian menjawab 3 pertanyaan di atas. Guru pengajar akan melakukan uji petik terhadap jawaban kalian masing-masing.
Kenapa sih ini Penting?
Refleksi ini ngebantu kamu menyadari: apakah aku sudah jadi pribadi yang moderat? Kalau belum, kamu bisa bikin komitmen mulai dari sekarang. Biar gak cuma jadi penonton, tapi pelaku kebaikan 🫶🧘♀️
Sejauh ini kamu sudah belajar banyak hal, kan? sudah pula mempraktikkan konsep yang dipelajari, kan? juga sudah merancang aksi yang walau bernilai sederhana dan kecil, harapannya dapat benar-benar terwujud terealisasi. Aamiin. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan konsep pada materi ini, strategi kali ini harus kalian lakukan, yakni tes kompetensi. Kalian akan menjawab beberapa soal pada lampiran berikut.
Tentu bagi kalian yang sudah menyelesaikan semua misi pada strategi 1-6 (M-O-D-E-R-A), kalian dapat mengikuti tes kali ini. Bagi yang belum, silakan tuntaskan dulu ya misinya. Selamat berjuang. Siap mengikuti tes kompetensi? Silakan akses soal kalian DI SINI
Kenapa sih Ini Penting?
Tes ini bikin kamu makin yakin bahwa kamu gak cuma hafal istilah, tapi juga paham maknanya. Lewat flashcard dan kuis, kamu bisa belajar dengan cara yang asik dan gak bikin stres 💡📚
"Hari ini, mungkin kamu merasa lelah menatap buku. Tapi ingatlah, setiap detik semangat yang kamu curahkan adalah investasi untuk kekuatanmu esok hari; kekuatan untuk memilih, berkarya, dan mengubah dunia."