✍🏽RINGKASAN MATERI
Alhamdulillah kita telah sampai terakhir di semester ganjil. Pada bab ini kalian akan mempelajari materi dengan elemen tarikh atau sejarah. Tema besar materi kali ini adalah "Perkembangan Peradaban Islam di Dunia". Berikut ringkasan pokok materi yang akan kalian pelajari di bab 8 ini.
YANG AKAN KALIAN PELAJARI
Perkembangan Peradaban Islam di Asia
Perkembangan Peradaban Islam di Erop
Perkembangan Peradaban Islam di Amerika
Perkembangan Peradaban Islam di Afrika
Perkembangan Peradaban Islam di Australia
YANG HARUS KALIAN INGAT
Islam sebagai agama yang rahmatan lil 'alamin telah menjadi bagian penting perjalanan kehidupan manusia di dunia. Penyebaran Islam yang kian pesat dan bahkan menjadi agama dengan penganut terbesar di dunia, adalah bukti kuat sejara Islam yang kemudian mengantarkan kita pada masa kini, masa di mana Islam menjadi agama yang bukan sekadar ajaran dan akidah, namun bagian dari kebutuhan kita sebagai makhluk.
💡STRATEGI BELAJAR
MENJAWAB PERTANYAAN PEMANTIK
Mari kita mulai dari diri sendiri dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.
Negara mana yang ingin kamu kunjungi dan pelajari jejak Islam-nya?
Siapa tokoh Muslim dunia yang menginspirasimu?
Seberapa penting menurutmu menjaga warisan peradaban Islam?
Tuliskan jawaban kalian pada buku tugas masing-masing. Guru akan melakukan uji petik terhadap jawaban yang telah kalian tulis.
Kenapa sih Ini Penting?
Kadang kita bangga jadi Muslim, tapi nggak tahu sejarah hebat umat Islam di dunia. Refleksi ini penting supaya kamu punya rasa ingin tahu dan semangat belajar tentang peradaban Islam yang pernah berjaya ✨🌍
Jejak Islam yang Mengagumkan
Pada bagian ini kalian akan belajar secara berkelompok. Satu kelas dibagi menjadi lima kelompok. Perhatikan aktivitas berikut sebagai aktivitas belajar di dalam kelompok masing-masing.
Materi pada setiap kelompok terdiri dari:
Kelompok 1: Islam di Asia
Kelompok 2: Islam di Eropa
Kelompok 3: Islam di Amerika
Kelompok 4: Islam di Afrika
Kelompok 5: Islam di Australia
Lakukan observasi pada materi ini dengan melihat rangkuman materi pada menu DALAMI MATERI di bab ini
tonton video, amati infografis dan baca materi yang ada pada menu tersebut
Buatlah peta konsep dengan mengacu pada materi yang terdapat pada strategi DALAMI MATERI di bab ini
Peta konsep dibuat dengan mengikuti contoh berikut: LIHAT CONTOH
Peta konsep dibuat di kertas manila ukuran A3 atau kertas plano atau sejenisnya
Tambahkan elemen lain agar peta konsep menarik dan estetik. Berikan warna dan elemen lainnya sehingga karya anda bernilai estetik
Kerjakan secara berkelompok, pastikan setiap orang di dalam kelompok berperan dalam menyelesaikan proyek ini
Tunjukkan pada guru pengajar jika peta konsep telah selesai dibuat
Peta konsep akan dipaparkan secara bergantian bergiliran pada strategi RUANG AKTUALISASI di pertemuan berikutnya.
Kenapa sih Ini Penting?
Dengan menjelajahi jejak Islam lewat video, Maps, atau infografis, kamu bisa melihat bukti nyata bahwa Islam bukan agama yang tertinggal—tapi pernah memimpin peradaban dunia. Observasi ini membuka matamu tentang kekuatan ilmu dan iman 🧭📲
Baca dan Amati
Selamat, ya, kalian telah sampai di bagian tiga strategi belajar bab 5, yakni Dalami Materi. Pada bagian ini kalian akan membaca dan memahami materi melalui teks, video, dan ilustrasi lainnya tentang gadab dan gibah. Siap mendalami materi bab 5? KLIK DI SINI
Kenapa sih Ini Penting?
Mengenal tokoh-tokoh dan kontribusi Islam di berbagai benua bikin kamu makin bangga jadi bagian dari umat yang luar biasa. Materi ini ngajarin kamu untuk nggak minder jadi pelajar Muslim, karena kamu punya warisan intelektual yang hebat 💪🧠
JeJak islam di Sekitarku
Setelah memahami konsep dan materi pada bagian ini, kini saatnya kalian menghubungkan materi dan konsep tersebut dengan kehidupan nyata, terutama kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitar tempat kalian tinggal. Pada strategi ini, kalian akan melacak sejarah peradaban Islam di lingkungan sekitar melalui wawancara, browsing di internet, membaca buku di perpustakaan atau melihat langsung lokasi yang ada di lapangan. Berikut yang akan kalian lakukan:
kegiatan ini dilakukan secara berpasangan, silakan tentukan pasangan kalian masing-masing
lacaklah jejak sejarah Islam yang ada di sekolah (seperti masjid atau tempat lainnya). Lakukan wawancara dengan warga sekolah (guru, karyawan, staff, kepala sekolah, rekan sejawat dan lain sebagainya) tentang tempat tersebut, meliputi: sejarah berdiri, tahun berdiri, siapa saja pendirinya, bagaimana pengembangannya.
lakukan penelusuran di Internet berkaitan dengan jejak Islam di kota tempat tinggalmu. Jawab pertanyaan berikut:
Apa saja peninggalan Islam yang ada di kota/kabupaten tempat tinggalmu?
Siapa saja tokoh yang paling berpengaruh terhadap penyebaran Islam di kota/kabupaten tempat tinggalmu? Sebutkan minimal 3 tokoh beserta peran masing-masing.
Apa saja bangunan Islam bersejarah yang ada di kota/kabupaten tempat tinggalmu yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya?
Bagaimana cara Islam masuk kemudian menyebar dan berkembang di daerah tempat tinggalmu?
Dari mana sumber informasi yang kamu dapatkan untuk menjawab pertanyaan nomor 1-4 di atas? Sertakan link referensinya
Tuliskan jawaban pada buku kertas folio atau kertas HVS secara berpasangan. Unggah jawaban di kelas virtual FB Ruang Belajar PAI Kelas XII, beri judul: JEJAK ISLAM DI SEKITARKU
Jangan lupa tag (tandai) akun guru pengajar, sertakan identitas kalian (nama, kelas, sekolah asal)
Kumpulkan hasil kerja kalian dalam bentuk fisik kepada guru pengajar masing-masing untuk dinilai.
Kenapa sih Ini Penting?
Dengan menelusuri jejak Islam di sekitar kita, kamu belajar mengekspresikan rasa bangga dan rasa ingin berbagi. Ini bukan cuma soal masa lalu, tapi tentang bagaimana kamu bisa jadi bagian dari peradaban masa depan 📽️📜
👉Pertemuan 2
Saatnya Beraksi
Pada bagian ini kalian akan melakukan unjuk bakat dan pengetahuan dengan cara bergantian bergiliran memberikan penjelasan berupa paparan materi kepada kelompok lain. Perhatikan strategi belajar berikut:
guru akan menunjuk 2 orang untuk mendokumentasikan kegiatan. 1 orang mendokumentasikan dalam bentuk foto, dan 1 lagi dalam bentuk video pendek 1 menit portrait. kalian dapat mengajukan diri jika memang memiliki keahlian khusus dalam dokumentasi, bagian dokumentasi ini akan mendapatkan poin (nilai) khusus dari guru
pajanglah karya kelompok yang telah dibuat pada tempat yang telah disepakati
tunjuk 2 orang di dalam kelompok untuk menjaga stand (karya) dan sisanya berkeliling mencari informasi kepada kelompok lain
dua orang yang ditunjuk menjaga stand bertugas menjelaskan kepada setiap orang yang datang tentang materi di dalam kelompok yang telah dibuat
setelah selesai mengunjungi satu tempat, silakan berpindah pada tempat (kelompok) lain, jangan lupa membuat catatan ringkas setiap kali mengunjungi kelompok, karena guru akan melakukan uji petik kepada individu secara acak
perpindahan antar kelompok akan dipandu oleh guru agar aktivitas belajar lebih tertib dan terarah
sepakati waktu perpindahan antar kelompok, mulai dari 2-4 menit
berikan penilaian kepada kelompok lain dengan cara memberikan tanda bintang di bagian bawah karya yang telah dibuat
di akhir sesi, guru akan melakukan uji petik teradap kalian secara acak. Pastikan kalian dapat menjawab pertanyaan dengan benar untuk mendapatkan poin penilaian
Kenapa sih Ini Penting?
Kampanye digital ini bikin kamu jadi juru bicara peradaban Islam—bukan sekadar pelajar biasa. Kamu bisa menunjukkan bahwa Islam itu luas, inspiratif, dan punya kontribusi penting di dunia global 🌐📢
Ayo Refleksi
Pada tahap ini, kalian akan melakukan refleksi pembelajaran terhadap materi yang telah dipelajari. Sebagai panduan dan rambu-rambu kalian dapat menjawab pertanyaan berikut:
Hal baru apa saja yang kalian alami selama mempelajari materi ini?
Bagaimana perasaan kalian selama mengikuti sesi belajar materi ini?
Apa saja pelajaran penting yang kalian dapatkan setelah mempelajari materi ini?
Apa rencana kalian di masa depan setelah mempelajari materi ini?
Ada dua hal yang dapat kalian lakukan untuk menjawab pertanyaan di atas sebagai bentuk refleksi. Pertama, kalian dapat menuliskan jawaban dari 4 pertanyaan refleksi di atas melalui beranda grup FB Rumah Belajar PAI, atau kalian menjawab pertanyaan tersebut dengan menuliskannya di buku tulis lalu membacakannya secara bergantian di depan kelas.
Alternatif lainnya adalah guru pengajar kalian akan membuat link padlet untuk menjawab pertanyaan refleksi di atas, kalian bisa memasukkan jawaban melalui link tersebut secara individu ya.
Kenapa sih Ini Penting?
Refleksi ini ngebantu kamu menyadari bahwa kamu adalah penerus sejarah Islam. Dengan merenung, kamu bisa menentukan: apa kontribusiku setelah tahu semua ini? 🔍🧭
Pada akhirnya kalian sampai pada sesi akhir langkah pembelajaran pada materi bab 5 ini. Kalian akan menjawab pertanyaan untuk menguji pemahaman dan pengetahuan masing-masing. Oya, tes kompetensi ini sifatnya wajib diikuiti oleh peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh aktiitas belajar dengan langkah pembelajaran alur MODERAT (kecuali alur T yang saat ini sedang diakses). Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan adalah:
Tes ini juga berfungsi sebagai penilaian harian atau ulangan harian
Silakan minta token pada guru pengajar untuk mengakses soal tes kompetensi. Pastikan kalian telah menyelesaikan seluruh aktivitas belajar dan penugasan materi bab 8 pada alur M-O-D-E-R-A
Tidak membagikan token kepada orang lain yang tidak berhak karena penilaian didasarkan pada ketuntasan penugasan pada alur belajar
Siap mengikuti tes kompetensi? Silakan akses soal kalian DI SINI
Kenapa sih Ini Penting?
Selain menguji pemahaman, tes kompetensi ini penting untuk mengetahui sejauh mana keterampilan kalian dalam menulis, menjabarkan dan memaknai materi dan ragam penugasan yang telah dilakukan dalam alur belajar
"Pikiranmu adalah tanah subur yang tak terhingga luasnya. Semangat belajar adalah hujan emas yang menumbuhkan benih-benih ide cemerlang, kebijaksanaan, dan impian yang menjulang tinggi."